Perbekel Desa Pesinggahan

I Nyoman Suastika, SH

Spesial Ikan Tuna di Desa Pesinggahan

  • Dibaca: 665 Pengunjung
Spesial Ikan Tuna di Desa Pesinggahan

Bali menyimpan rahasia kuliner yang kaya ragam dan rasa. salah satunya Warung Lesehan Spesial Ikan Tuna, begitulah yang ditawarkan oleh warung - warung makan atau sering disebut " Warung Lesehan "  yang ada di Desa Pesinggahan. Desa Pesinggahan berada di pengujung timur Kabupaten Klungkung tepatnya di sebelah barat Pura Goa Lawah dan disepanjang jalan pesinggahan - goalawah ada warung - warung makan seperti : Lesehan Sari Baruna, Lesehan Rahayu, Lesehan Panca Boga,  lesehan Merta Sari, dll. Warung makan tersebut hampir setiap hari selalu ramai dikunjungi karena memang sudah terkenal kelesatan olahannya dan anda bisa menemukan beragam olahan ikan laut Khas Bali.

Warung lesehan dengan menu Spesialnya adalah sate Tuna yang penyajiannya dililit pada tangkai potongan dari pelepah daun  kelapa, bukan lidi sebagaimana umumnya sate di daerah lainnya. Oleh karena itu banyak juga yang menyebutnya dengan sate lilit, selain sate lilit menu tambahannya ada sate yang bentuknya agak beda, yaitu irisan daging tuna yang dipotong lalu ditusuk dengan batang bambu yang ukuran lebih kecil dan dilumuri dengan bumbu yang berbeda dengan sate lilit yang tadi. Sajian tuna yang lain adalah Pepes atau orang setempat menyebutnya dengan sebutan lempet dan olahan pepes dibungkus dengan daun pisang. tidak lengkap rasanya kalau tidak berisi semangkuk kecil kuah dengan daging tuna atau mirip dengan gulai tuna dengan bumbu yang khas. Menu tuna tersebut dipadukan dengan plecing dan kacang sebagai lalapannya ditambah sambel matah, benar - benar menggoda selera.

Warung - warung makan yang berada di Desa Pesinggahan ini membuat nama Desa tersebut menjadi lebih terkenal dan menjadi ciri khas Desa tersebut. jika ditanya mau makan dimana dan dijawab di pesinggahan karena letaknya tidak jauh dari pantai yang membuat bahan baku ikan tuna segar tidak susah didapat. Wayan Dunia salah satu pemilik warung lesehan merta sari menuturkan awalnya warung miliknya dulu hanya coba - coba. bahkan, coba - coba itu berupa lapak yang hanya mengandalkan sate lilit dan dengan melihat antusias para pembeli wayan dunia mengubah lapak menjadi warung lesehan.  Sekarang karena permintaan sate tuna terus meningkat, pasokan tuna dari pantai pesinggahan kadang tidak mencukupi sehingga harus mencari pasokan ikan tuna dari tempat lain.

beberapa tokoh politik lokal sampai pusat dan artis - artis ternama pernah singgah di Pesinggahan dengan gelaran tikar  atau karpet  diatas bale/bangku kotak yang kira - kira bisa menyangga sekitar empat orang. Rasanya memang lezat. Sate, Pepes, kuah/gulai tuna dipadu dengan kacang, plecing dan sambel matah, sampai-sampai nasi sepiring terasa kurang. jika anda belum pernah mencoba datanglah ke Desa Pesinggahan anda akan menemukan warung lesehan spesial ikan Tuna.

  • Dibaca: 665 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya